Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Kemudahan Layanan Masyarakat melalui Peningkatan Kualitas Inovasi

WhatsApp_Image_2025-12-01_at_12.56.12_95e774b3.jpg

Ternate – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum (Kemenkum) Maluku Utara (Malut), Budi Argap Situngkir mendorong peningkatan kualitas pelayanan masyarakat melalui peningkatan kualitas inovasi pelayanan. Argap menekankan agar publik patut memperoleh kemudahan pelayanan kekayaan intelektual, bantuan hukum gratis, administrasi hukum umum (notaris, fidusia, badan hukum, apostille dan lainnya), maupun fasilitasi produk hukum daerah.

“Pembaharuan inovasi pelayanan Kanwil Kemenkum Malut sebagai komitmen kita membangun zona integritas, khususnya dalam menghadapi kontestasi WBBM (wilayah birokrasi bersih dan melayani) tahun depan,” jelas Argap saat memimpin rapat evaluasi dan analisa kinerja di aula Gamalama Kanwil, Senin (1/12).

Kemudahan layanan bagi masyarakat terus diberikan Kemenkum Malut. Misalnya, kini telah tersedia inovasi layanan seperti sistem informasi pelayanan bantuan hukum (Siperahu), gerakan cepat layanan kekayaan intelektual (Gercep Yanki), wadah informasi dan pengaduan melalui inovasi inga-inga.

WhatsApp_Image_2025-12-01_at_12.55.40_47fa76d3.jpg

“Kita harus pastikan bahwa inovasi yang telah ada memiliki dampak nyata bagi masyarakat. Saya meminta agar setiap inovasi dievaluasi kembali. Dilihat progres capaian sehingga kualitas layanannya dapat ditingkatkan,” tambah Argap.

Kepala Divisi Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Hukum, Zulfahmi menyampaikan bahwa layanan bantuan hukum yang telah berjalan dengan baik, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Terlebih adanya posbantuan hukum pada desa dan kelurahan.

Sementara itu, Plt. Kepala Bagian Tata Usaha dan Umum, Irwan Kadir menambahkan, inovasi pelayanan menjadi indikator kunci dalam penilaian predikat WBK (wilayah bebas dari korupsi) dan menuju WBBM dari Inspektorat Jenderal maupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb).

Dalam rapat tersebut, turut dilakukan monitoring tentang hasil pelaksanaan capaian kinerja pelaksanaan tugas Kanwil Kemenkum Malut, baik di bidang administrasi, pelayanan hukum, maupun peraturan perundang-undangan dan pembinaan hukum.

“Mari sama-sama kita penuhi data dukung kinerja, dan mendorong peningkatan pelayanan publik yang mudah, cepat, dan transparan bagi masyarakat,” pungkasnya.

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM 
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
PROVINSI MALUKU UTARA


Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id