Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Kemenkum Malut Dukung Pelayanan Inklusif Penyandang Disabilitas

WhatsApp_Image_2025-06-30_at_12.51.16_c8ecce44.jpg

Ternate – Kantor Wilayah Kementerian Hukum (Kanwil Kemenkum) Maluku Utara (Malut) mengikuti kegiatan knowledge sharing bertajuk “Dengan Hati Melayani, dengan Empati Membangun Inklusi”, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB).

Kakanwil Kemenkum Malut, Budi Argap Situngkir menyampaikan bahwa membangun
sensitivitas disabilitas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pelayanan publik menjadi sangat penting. Terutama, kata Argap Situngkir bagi front liner atau petugas pelayanan yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Pelayanan publik harus mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Membangun sensitivitas berarti membangun empati, dan belajar memahami guna mendukung pelayanan inklusif,” terang Argap Situngkir di ruang kerjanya, Senin (30/6).

Asisten Deputi Standarisasi Pelayanan Publik dan Inklusif KemenpanRB, Nurhasni menyampaikan kegiatan berbagi pengetahuan ini sangat penting bagi ASN khususnya di front liner atau petugas pelayanan pada masing-masing unit kerja.

“Pelayanan publik menjadi jembatan bagi kelompok rentan dalam meningkatkan kualitas individu. Pelayanan publik memungkinkan setiap individu untuk berpartisipasi dalam layanan mendasar seperti, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lainnya,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut turut diikuti jajaran Kanwil Kemenkum Malut. Plt Kabag Tata Usaha dan Umum, Irwan Kadir yang mengikuti kegiatan beserta jajaran menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan tersebut. Ia menekankan pentingnya membangun budaya kerja yang menghargai keberagaman dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

“Kita harus mampu melihat dari sudut pandang masyarakat yang memiliki keterbatasan akses, agar dapat memberikan layanan yang adil dan setara,” ujarnya, Irwan Kadir," ungkapnya.

WhatsApp_Image_2025-06-30_at_12.51.15_99ed7cae.jpg

Pemateri CEO & Founder Konekin, Marthella Sirait, saat membawakan materi bertajuk “Mindset Inklusif dalam Pelayanan Publik” menyampaikan, pentingnya melakukan pendekatan persuasif kepada penyandang disabilitas.

“Bukti bahwa kita telah berlaku inklusif pada pelayanan yaitu, petugas pelayanan harus bisa bahasa isyarat. Ini penting bagi ASN,” pungkasnya.

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM 
PROVINSI MALUKU UTARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Cengkeh Afo No.40, Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    kanwilmalut@kemenkumham.go.id

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM
PROVINSI MALUKU UTARA


Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkum RI


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Cengkeh Afo No.40 , Kec. Maliaro Tengah, Kota Ternate, Prov. Maluku Utara
PikPng.com phone icon png 604605   +6821-4775-7127
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kanwilmalut@kemenkumham.go.id